RENCANA PELAKSANAAN PEMBEMBELAJARAN (RPP)
KREATIF BERKARAKTER IPA
PESAWAT SEDERHANA
Oleh PENDIDIK MAPEL :
Mukarromah. S.Pd/NIP. 197701062006042002
MAPEL
|
KELAS/ Semester
|
PERTEMUAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
TANGGAL
DIGUNAKAN
|
||||
IPA
|
V/2
|
2 (dua)
|
10 MENIT
|
10 bln Maret 2012
|
||||
Standar Kompetensi
|
5. Memahami hubungan
antara gaya, gerak dan energy serta fungsinya
|
|||||||
Kompetensi Dasar
|
5.2 Menjelaskan pesawat
sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat (C3)
|
|||||||
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
·
Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit,
bidang miring, katrol dan roda (C1) NK
: Kerja Keras, Rasa Ingin Tahu
·
Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang
miring, katrol, dan roda. (C2) NK : Peduli Lingkungan
·
Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana (C2).NK
: Kerja keras
§
Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana (C3) NK : Rasa
Ingin Tahu
|
|||||||
Tujuan
Pembela jaran
|
Selesai mengikuti
pembelajaran melalui Penerapan Strategi PAIKEM diharapkan siswa meningkat
prestasi belajarnya, minat belajar, keaktifan belajarnya dan berkembang
nilai-nilai/karakter kerja keras, rasa ingin tahu, Religius,kreativitas,cinta
tanah air,dengan memiliki kemampuan :
a. Siswa mengetahui macam-macam
pesawat sederhana dengan penuh rasa ingin tahu (NK : rasa ingin tahun)
b. Siswa mampu menggunakan peswat
sederhana dalam kehiduan sehari-hari (NK : Kerja Keras)
c. Siswa dapat menggunakan peswat
sederhana dalam kehiduan sehari-hari dan bersyukur atas nikmat yang diberikan
(A1) ( NK: Religius
d. Siswa dapat Menyusun Doa Syukur
kepada Allah SWT,Allah Yang Maha Kasih dengan sikap dan penghayatan yang
tingg.P2 dan A5
( Manipulasi+
penghayatan) ( NK : Religius dan kreativitas)
Ø Terbentuk habituasi/pembiasaan sikap/karakter: Kerja keras, Rasa
ingin tahu, Religius, Kreativitas, cinta tanah air (Hidden Curriculum )
|
|||||||
Resources
Pembela jaran
|
laptop,
Multimedia, LCD, Internet, Buku siswa dan LKS, perpustakaan
|
|||||||
KKM
|
70
|
|||||||
Materi Pemb.
|
Pesawat
Sederhana
|
|||||||
Startegi, Model,
Metode
|
Strategi : Card Sort
Model :
Pembelajaran Kooperatif ( 6 Fase = 6 sintaks )
Metode : Bercerita,Diskusi kelompok. Tanya jawab,
Brainstorming, presentasi, demonstrasi, penugasan dll
|
|||||||
Teknik dan bentuk
Penilaian
|
A. Teknik : Tes dan Non tes (Pengamatan dan
unjuk kerja )
B. Bentuk :
PG,Essay, Pengamatan aktivitas belajar; pengamatan minat belajar, pengamatan
kreativitas siswa,Portofolio
|
|||||||
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN / SKENARIO PEMBELAJARAN
|
||||||||
Kegiatan
|
Aktivitas Guru
|
Aktivitas Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Kegiatan
Awal ( Set Induction )
( Fase 1 dan 2 )
|
- Pembiasaan
-
Berdoa(contoh nilai yang ditanamkan: taqwa)
-
Mengecek kehadiran siswa (contoh nilai
yang ditanamkan: disiplin).
-
Menanyakan kabar siswa dengan fokus pada mereka yang tidak datang dan/atau
yang pada pertemuan sebelumnya tidak datang(contoh nilai yang ditanamkan: peduli, empati).
-
Appersepsi :
-Dengan bertanya/ brainstorming materi
sebelumnya dan kesiapan siswa ”Anak – anak, coba anak tahu pesawat sederhana?
Pemotivasian
Anak – anak,
hari ini Bapak
/ ibu guru akan menjelaskan tentang Pesawat Sederhana
dan pengaruhnya terhadap manusia.
Penyampaian
Tujuan :(fase 2 )
Anak-anak melalui penanyanga video pembelajaran interaktip, dan
penerapan model pembelajaran Card Short
siswa diharapkan mampu mengenal jenis-jenis pesawat sederhana, dan tahu cara
menggunakannya
Prasyarat
pengetahuan :
Siswa harus mengetahui jenis-jenis
pesawat sederhana (tuas, katrol, bidang, dan roda)
|
Aktivitas Siswa
mengingkuti kegitan dengan aktif dan aktif menjawab pertanyaan dari guru
|
………. Menit
|
|||||
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
Pada kegiatan eksplorasi
ini guru mengajak siswa untuk menyaksikan dengan seksama video pembelajaran
interaktif tentang pesawat sederhana Dengan maksud menggali informasi yang
dimiliki siswa. (fase 3)
Elaborasi. Pada kegiatan
ini guru membagikan LKS, siswa dikelompokkan untuk mendiskusikan tentang pesawat sederhana yang sudah disediakan (
Nilai yg dikembangkan rasa ingin tahu ,Kerja keras, kritis,logis, kerjasama,
kreatif ),Siswa diminta menjawab pertanyaan2 didalam LKS, dengan model
pembelajaran Card Short untuk
menambah pemahaman siswa, (fase ke –
4 ; guru Membimbing kelompok bekerja dan belajar)Kemudian siswa diminta
mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan model pembelajaran Card Short untuk menambah pemahaman
siswa ( nilai yg ditanamkan percaya
diri,saling menghargai, mandiri )
Konfirmasi (Fase 5 )
=mengevaluasi, pada kegiatan konfirmasi ini Guru mengadakan pengamatan dan
pencermatan pada aktivitas siswa,partisipasi siswa,keaktifan siswa, minat dan
motivasi belajar siswa saat bekerja dan presentasi; memberikan umpan balik
dan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan ( Nilai yang ditanamkan : saling menghargai, percaya diri, santun,
kritis, logis, kerjasama)
Guru membuat rangkuman
dan mengajak siswa untuk merenungi “Bahwa Allah akan selalu member kemudahan
kepada hambanya yang mau berusa”
Anak diminta menghafal
atau membaca (memperagakan ) dengan khitmat
dan diminta untuk meyusun Doa Syukur ( Characterizing ) atau
pembentukan karakter, mengkaitkan
materi yg diajarkan dengan nilai/karakter yang dikembangkan,melalui
pertanyaan “ Apa maksud Allah SWT memberikan kemudahan kepada hambanya” yang
bisa menjawab dengan baik,Ibu guru kasih hadiah. Fase 6 = Memberi
penghargaan )
|
Aktivitas Siswa:
Siswa menyaksikan video
pebelajaran interaktif dengan seksama sesekali mencatat sesuatu yang dianggap
penting. Seteah itu siswa mengerjakan LKS yang telah disiapkan guru secara
berkelompok sambil berdiskusi dengan kelompoknya siswa menyelesaikan tugas
LKS nya.
Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil keraja kelompoknya kedepan kelas. Kelompoknya yang
lain menanggapiya.
Setelah itu guru mengajak
siswa bermain dengan Card Sort untuk menambah pemahaman siswa.
|
………. menit
|
|||||
Kegiatan
Penutup
|
-
Penugasan
-
refleksi
-
Doa
-
Tes
|
Aktivitas Siswa:
Siswa mencatat tugas
mandiri dirumah dan siswa mencatat hal-hal yang dianggap penting siswa berdoa
untuk mengakhiri pelajarannya
|
………. menit
|
|||||
Catatan :
|
(Widyaiswara/Kepala
sekolah/Pengawas/teman sejawat/kolaborator)
|
|||||||
Mengetahui
Kepala MIN Gilimanuk,
( ………………………………….. )
NIP.
|
Pendidik Mata Pelajaran
IPA
(Mukarromah, S.Pd.)
NIP. 197701062006042002
|
|||||||
- Teknik : Non Tes
- Bentuk Instrumen : Lembar Pengamatan
- Soal/Instrumen : Tes Identifikasi Unjuk Kerja
a. Tunjukkanlah jenis-jenis pesawat
sederhana!
b. Tunjukkanlah benda-benda
disekitar rumah yag termasuk pesawat sederhana!
c. Tunjukkanlah cara
kegiatan-kegitan yang menggunakan peswat sederhana!
Ø Lembar
Observasi Penilaian Unjuk kerja
Aspek yang dinilai |
Skor
|
Nilai:
(jml
skor /12) x 100
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1. Menunjukkan jenis-jenis pesawat
sederhana
|
x
|
|
|
|
9/12*100=
75,00
|
2. Menunjukkan benda-benda disekitar rumah yag termasuk
pesawat sederhana
|
|
x
|
|
|
|
3. Menunjukkan cara kegiatan-kegitan yang menggunakan
peswat sederhana!
|
|
|
x
|
|
|
Jumlah
skor
|
9
|
|
|
Keterangan
:
4 = Jawaban
Tepat dan Benar
3 = Jawaban
Benar tapi masih ada sedikit Kesalahan
2. = Jawaban sebagian benar dan sebagian ada
kesalahan
1. = Jawaban kurang tepat
Ø Penilaian Pendidikan Karakter
Aspek yang dinilai |
Skala Kualitatif |
|||
BT
|
MT
|
MB
|
MBD
|
|
1. Menunjukkan jenis-jenis pesawat
sederhana secara baik dan mandiri
|
|
|
|
|
2. Menunjukkan secara mandiri jenis-jenis
tuas
|
|
|
|
|
3. Menunjukkan katrol dan jenis0jenisnya secara
mandiri
|
|
|
|
|
4. Mencari
informasi tentang menggunakan
jenis-jenis tuas secara jujur dan bertanggung jawab
|
|
|
|
|
5. Berdiskusi
secara demokratis
|
|
|
|
|
6. Mengajukan
pertanyaan kepada guru atau teman sekelompok secara kritis pada saat diskusi
|
|
|
|
|
7. Menarik
kesimpulan secara logis
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
MBD : Mulai
Membudaya
................,
.Tgl,bln,Thn...............
Pendidik Mapel IPA
Mukarromah,
S.Pd.
NIP.
197701062006042002
Petunjuk Kegiatan
- Bersama kelompokmu coba perhatikan benda-benda yang ada di dalam kotak
- Tentukanlah benda-benda yang merupakan pesawat sederhana
- Coba kamu tentukan yang termasuk tuas lalu kelompokkan mana yang termasuk tuas golongan 1, 2 dan 3
- Coba kamu demonstrasikan cara mnggunakannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar