Sabtu, 16 Februari 2013

Peringatan Maulid Nabi MIN Gilimanuk



Membangun Karakter Siswa
dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
 

G

ilimanuk, Jembrana. Segenap warga Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Gilimanuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Senin (28/1) lalu. Turut hadir dalam kegiatan ini beberapa siswa dan guru RA se-kelurahan Gilimanuk, Bapak Muhlasin selaku Pengawas SD/MI Wilayah Kec. Melaya dan beberapa tokoh masyarakat kelurahan Gilimanuk, Melalui momentum ini para guru mengajak seluruh siswanya untuk bersama-sama bermunajat demi mendapat syafaat Nabi Muhammad. Sejak pukul 08.00 Wita lantunan shalawat sudah membahana yang sebelumnya juga diramaikan dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran oleh para siswa.
Dalam sambutannya Bapak Pat Hul Hikam selaku Kepala madrasah menjelasan tujuan dari kegiatan yang bertema “Melalui kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW, kita bangun karakter bangsa” ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan keluarga MIN Gilimanuk pada Rasulullah SAW yang merupakan suri tauladan yang baik serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui amaliyah-amaliyah yang bersifat insidental. Beliau juga menyampaikan tentang  anak-anak yang kehilangan sosok yang ideal untuk dijadikan model dalam kehidupan mereka. Dengan peradaban manusia yang tambah maju, kecanggihan teknologi yang semakin pesat, namun tidak diimbangi dengan kualitas keimanan yang kuat akan mengakipat sebuah dekasisi pada diri manusia terutama moral mereka. Inilah yang membuat suatu kepriahatinan yang mendalam bagi kepala madrsah ini. “Dengan maulid nabi inilah kita kembali kenalkan pada mereka sosok manusia paling mulia, semoga terbentuk dalam diri mereka karakter ke islaman yang luhur” harapnya.  


 Memasuki acara inti, mauidatul hasanah disampaikan oleh seorang ustadz dari MTs Gilimanuk. Dalam tausiyahnya Ustadz Ridwan menyapaikan nasehat akan sebuah perangai yang baik kepada para siswa. Dengan penuh antusias mereka pun mendengarkan nasehat tentang pengaruh kemajuan teknologi pada akhlak anak muslim.Mereka pun dianjurkan untuk hati-hati dan selalu membatasi diri dalam menggunakan handphon dan internnet yang semakin canggih dan berada dimana-mana. “Kalian boleh menikmati itu semua, namun sebagai anak muslim yang baik tetap selalu memntingkan belajar serta taat pada orang tua dan guru” ungkapnya dalam ceramah yang berkisar sekitar sejam itu. Oleh karena itu berbagai upaya pun dilakukan oleh MIN Gilimanuk sebagai bentuk kepedulian bagi para peserta didiknya.
  Maka dengan peringatan maulid nabi ini mereka kembali diingatkan akan sosok yang agung, yang menjadi uswatun hasanah dalam kehidapan manusia serta diharapkan mampu memberikan makna dan hikmah bagi setiap warga madrasah yang selanjutnya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tercermin madrasah yang Unggul dalam prestasi, terampil dalam teknologi, santun dalam berakhlakul karimah. (fitry)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar